Sabtu, 14 November 2009

Mengapa Traffic perlu untuk Blog ? Caranya ?

Blog yang bagus tidak berarti jika tidak ada yang membaca. Sebaliknya banyak pembaca jika isi blog tidak berisi makin lama pembaca akan lari. Pembaca loyal dan berkualitas dan isi yang berkualtitas dan selalu terkinikan merupakan kunci blog mempunyai rnaking yang tinggi.

Istilah lain mendaptangkan pembaca adalah mendatangkan traffic. Untuk tetap menjaga jumlah traffic perlu traffic management. Traffic merupakan berapa banyak dan pemetaan atas pembaca suatu website atau web blog.

Beberapa parameter yang traffic yang diperlukan yaitu :
  1. Berapa banyak traffic per hari/bulan/tahun ?
  2. Dari mana traffic itu berasal (negara, benua, referral) ?
  3. Ke page atau artikel mana banyaknya pembaca ?
  4. Berapa lama traffic tersebut tinggal atau membaca blog ?
  5. Interekasi dalam bentuk comment atau klik link dalam blog tersebut ?
  6. Berapa banyak dihasilkan pendapatan atau income dari traffic tersebut ? Untuk Blog sosial berapa banyak donasi yang diperoleh ? Untuk blog personal image atau product image secara menyeluruh dampak blog tersebut image yang dihasilkan ?
Dengan demikian traffic merupakan hal yang penting untuk suatu blog. Bagaimana caranya traffic diperoleh ?

Secara ringkas ada beberapa cara traffic adatang ke blog :
  1. Search Engine traffic, artinya traffic yang diperoleh karena pembaca mengetikkan suatu kata / keywords sehingga blog terpampang pada 10 besar hasil pencarian. Untuk dapat terpampang pada 10 besar hasil pencarian dikenal dengan SEO=search engine optimization atau cara agar blog mudah dicari oleh mesin pencari / search engine seperti google, yahoo dsb.
  2. Traffic karena iklan, umumnya traffic ini karena memasang iklan ke website pihak lain.
  3. Traffic karena referral atau kerja sama, traffic ini didapat karena ada referensi dari website/blog lain atau kerja sama yang membuat link ke blog diperoleh karena link blog kita tercantum di tempat / website / web blog lain.
  4. Creative Traffic, traffic ini dihasilkan karena kreasi yang tetap menjaga etika di internet, contohnya traffic dari autoresponder. Autoresponder adalah otomatisasi email yang dapat dilakukan dalam waktu pengiriman.
Mudah-mudah susah khan, yang pasti makin asyik kok dalami bagaimana mengelola suatu blog atau web blog. Terus baca artikel dan tips berikut ya !!

Tidak ada komentar: