Minggu, 15 November 2009

Bagaimana penamaan Blog ?

Untuk penamaan blog susah-susah gampang. Ada 2 pendekatan yang menurut pertimbangan penulis patut dikaji :
  • Nama yang keren
Nama yang keren berarti cari nama yang dalam jangka waktu panjang akan mudah diingat dan dapat menjadi "brand name" yang bisa dipatenkan. Nama seperti google dan yahoo merupakan nama yang keren dan menjadi brand name.
  • Nama yang menghasilkan uang
Nama yang menghasilkan uang berarti nama tersebut mewakili isi tema dan mudah untuk dicari oleh mesin pecnari atau search engine (misal google dan yahoo).
Perihal pertimbangan mana yang didahulukan, tergantung awal satu blog dibuat. Jika di masa depan akan dikembangkan untuk suatu "brand name" sebaiknya dicari 'nama yang keren'. Sebaliknya untuk blog yang mulai dari gratisan dan berkmebang terus 'nama yang menghasilkan uang' menjadi pilihan lebih dahulu. Memang pendekatan terbaik gabungan dari keduanya, namun dalam hal pertimabngan kombinasi ini sering kali susah untuk memperoleh nama, sampai-sampai untuk memulai blogpun tertunda.

Berikut beberapa pertimbangan pilihan masing-masing pertimbangan di atas sebagai sharing berdasarkan pengalaman dan sharing dengan beberapa teman.

Nama yang keren

Beberapa kriteria atau pertimbangan nama ini diantaranya (bukan semua kriteria lho) :
  1. Nama mudah diingat (catchy), misalnya myspace yang merupakan website social networking (jejaring sosial) sesuai dengan namanya (myspace = ruang-ku atau tentang diri ku)
  2. Nama sedikit funky (ada sentuhan kekinian dan ada keinginan untuk mengingatnya), misalnya hotmail yang awalnya merupakan penyedia mail gratis dari arti katanya kira-kira berarti mail atau email yang lagi hot (sedang dibicarakan).
  3. Gabungan kata atau bentukan kata baru yang bisa menjadi trend, misalnya facebook kalau arti bahasa indonesia dikira-kira buka tentang muka-muka/ wajah, sebenarnya nama itu untuk web site social networking (jejaring sosial)
  4. Namanya bisa menjadi kegiatan yang "mewabah" atau menjadi "virus" (dalam arti baik), misalnya plurk merupakan web site microblogging, orang-orang yang senang update statusnya dalam plurk sering disebut sedang plurking. Google sebagai search engine atau mesin pencari, pada saat seseroang sedang mencari informasi via google disebut googling. Bahkan saat ini generasi yang menjadi pengusaha atau mendapatkan penghasilan atau berprofesi via internet disebut googlepreneur.
  5. Belum ada yang menggunakan nama tersebut, ini justru yang paling penting, supaya unik dan kalau dicatatkan di hak cipta bsia menjadi suatu brand name. Selain itu jika didaftarkan nama untuk *.com (nama global untuk komersial) atau *.co.id (nama komersial untuk web site dari indonesia) nama tersebut belum ada yang ambil.
Nama yang menghasilkan uang

Nah pertimbangan ini susah-susah gampang juga, diantaranya lagi-lagi bukan semua kriteria yaitu :
  1. Isi dan nama selaras, jadi misalnya kenapa saya pakai www.setfreedom.com karena isi yang diharapkan merupakan paduan blog dan banyak hal untuk mencapai financial freedom atau spiritual freedom, maka singkatnya akan dinamakan set me fincancial and spiritual freedom disingkat setfreedom.
  2. Banyak hal saling berkaitan, misalnya http://tips2teknologiinformasi.blogspot.com/ merupakan blog yang berisi tips-tips teknologi informasi, selain coba memenuhi kritera di atas, baik dalam proses optimasi traffic, design blog, link-link yang berkaitan maupun hal-hal lain berkisar tentang teknologi informasi. Secara detail hal ini akan dibahas satu per satu dan makin dalam.
Mudah dan mudah-mudahan dimengerti. Silahkan coba terus untuk design blog Anda.

Tidak ada komentar: