Minggu, 15 November 2009

Satu Blog Satu Tema

Informasi saat ini begitu cepat dan beraneka ragam, sulit sekali mengelola informasi jika dalm satu blog berisi beraneka ragam informasi. Variasi yang lebar dan luas membuat blog seringkali justru tidak diminati baik oleh pembaca maupun oleh emsin pencari / search engine.

Untuk mudahnya sebaiknya selalu dibuat blog satu tema, lebih baik lagi yang spesifik. Misalnya blog ini tentang bagaimana mendesign blog, jadi isinya hanya berkisar design blog saja.

Blog yang berisi tentang hasil wisata atau tour kuliner ke beberapa tempat namanya http://tourkuliner.blogspot.com. Dengan demikian pembaca dan search engine akan mudah mendapatkan blog tersebut.

Pihak search engine mempunyai programmer yang berpendidikan khusus, pengalaman banyak dan analisis kuat, yang dibayar cukup tinggi untuk mendefinisikan secara representatif (mewakili) pembaca dan calon pemasang iklan blog yang spesifik. Program pencari dibuat sedemikian rupa sehingga artikel atau web blog atau web site yang jiak dicari dengan mesin pencari (misal google atau yahoo), pada 10 besar ahsil pencariaan adalah yang spesifik dan sesuai dengan keyword atau kata kuncinya.

Misalnya jika kata kuncinya "jasa design blog", maka blog ini relatif akan menduduki ranking yang tinggi pada saat proses pencarian tersebut. Coba aja anda lakukan !

Dengan demikian setelah Anda menentukan temanya, nama blog dan isinya sebaiknya salign bersesuaian.

Bahasa simpelnya, untuk blog yang dengan tema A, isinya ya tentang A dan namanya berkisar A. Misalnya blog tentang 'wisata atau tour ke berbagai lokasi', isinya ya tentang kunjungan ke berbagai lokasi dengan berbagaia laporan tulisannya, jika perlu ditambah foto dan video. Namanya misalnya http://tourlokasi.blogspot.com .

Jadi, kalau orang medan bilang kata dan perbuatan sama lah.

Salam

Tidak ada komentar: