Selasa, 17 November 2009

Sumber Pendapatan Blog

Suatu hal yang sering dipertanyakan yaitu dari mana suatu blog bisa menghasilkan ? Jawabannya mudah, pembuktiannya butuh kerja keras dan strategi yang tepat.

Secara umum ada 3 sumber utama pendapatan suatu blog (mohon agar dicek ricek perihal terms & condition penyedia blog yang Anda pergunakan), yaitu :

  1. Pemasangan Advertising/iklan jika blog mempunyai traffic tinggi. Sudah mulai terbukti bahwa untuk blog yang cukup ramai dengan tingkat traffic yang besar (relatif dari waktu ke waktu) atau populer atau sering dijadikan acuan, menjadi daya penarik pihak-pihak perusahaan atau pribadi yang ingin memasang iklan di blog. Biasanya dicari blog yang bersesuaian, misalnya blog kuliner dimungkinkan untuk pihak penjual alat masak, kue dll memasang iklan di blog tersebut, sehubungan suatu segmen pasar tertentu telah tersedia.
  2. Pemasangan Adsense, yang dimaksud di sini ada pihak yang menyediakan mekanisme pemasang iklan dan tempat pemasang iklan. Blog merupakan pihak temapt pemasang iklan ayng akan menerima komisi sejumlah tertentu yang disepakati. Contoh penyedia ini adalah google adsense. Sekarang, mulai bermunculan peneydia adsense yang lain bahkan di Indonesia mulai ebrtumbuhan. Secara gampang misalnya Toko roti memasang iklan melalui google adsense dengan membayar jumlah tertentu. Kita yagn memiliki blog men-set up atau mengatur supaya ikaln google adsense tersebut dipasang di blog kita. Jika ada yang klik maka kita sebagai pemilik blog diberikan komisi sejumlah terntenu.
  3. Penjualan produk baik langsung atau tidak langsung, media ini sering digunakan internet marketer memanfaatkan peluang ini baik langsung atau tidak lagnsung ataupun cukup menjadi salah satu team affiliate (pemasaran afiliasi).
Secara bertahap, sumber dana untuk blog akan dibahas kemudian.

Tidak ada komentar: