Sabtu, 31 Oktober 2009

Buat Blog dengan Blogger

Ada banyak penyedia pembuatan blog gratis baik global maupun nasional. Berdasarkan ranking yang paling diminati se-dunia (sampai saat tulisan ini dibuat) alexa, untuk penyedia pembuatan blog paling diminati adalah blogger (no 7 global no 5 indonesia) dan wordpress (no 18 global no 7 indoensia).

Berikut langkah-langkah membuat blog, mudah kok !!

Langkah pertama untuk buat blog di blogger adalah membuat email, disarankan gmail yang satu group dengan blogger sama-sama di bawah google. Google sebagai super portal menyediakan banyak hal untuk pengguna internet yang sebagian besar gratis, diantaranya search engine (mesin pencari), email, pembuat blog blogger, jagi marketing lepas di internet adsense, memasang iklan adwords, dan banyak lagi.

Langkah kedua, kita masuk ke blogger (www.blogger.com), dengan menggunakan userid dan password email gmail tadi, untuk membuat suatu blog. Jangan lupa di kanan atas language (bahasa) diganti menjadi indonesia.


Langkah Ketiga
, mendaftar untuk blogger : silahkan mengisi alamat email, nama Anda dan nama tampilan. Alamat email sesuai email gmail Anda. Nama Anda sesuai nama saat mendaftar di gmail, atau dapat diganti jika blog ini mengusung suatu produk atau tema lain. Sebagai catatan, satu akun email gmail bisa membuat lebih dari satu blog. Jadi Nama Anda disesuaikan dengan blog yang akan dibuat. Nama tampilan silahkan Anda tulis sesuai pilihan. Klik Penerimaan Persyaratan tanda menerima persyaratan tentunya setelah membaca baik-baik persyaratan dan layanan. Kemudian klik Lanjutkan.

Langkah Keempat, beri nama blog Anda. Judul Blog akan muncul pada dashboard dan profil pada saat blog anda publikasikan. Alamat blog (url) akan menjadi alamat jati diri blog Anda, jadi perlu dipilih yang mewakili isi blog, mudah diingat, rada funky dan bisa menjadi brand name jika diperlukan nantinya. Sehubungan nama blog penting dan banyak orang yg memperhatikan maka perlu ada cek ketersediaaan. Untuk blog ini beralamat http://jasadesignblog.blogspot.com, jasadesignblog merupakan nama yang dipilih. Apa nama pilihan blog Anda ?

Langkah Kelima, sesuai dengan esensi blog blog adalah kumpulan tulisan yang dinamis atau di update terus dalam suatu blanko / template atau design tertentu. Nah langkah ini akan memilih template pilihan Anda. Untuk saat ini mudahnya kita pilih template yagn disediakan oleh blogger. Sebenarnya template gratis atau ebrbayar dapat diperoleh di dunia internet ini dengan mudah.
Langkah keenam atau langkah terakhir, Blog Anda sudah Jadi, dan klik Lanjutkan. Jadi dech blog pertama dari blogger Anda. Selamat ya

Tidak ada komentar: