Sabtu, 31 Oktober 2009

Apa dan Mengapa Blog ?

Saya mau coba untuk berbagi tentang cara buat blog dan hal-hal yang jadi perhatian sekitar blog. Ini berdasarkan pengalaman pribadi dan yang bisa saya tangkap dari bacaan, sharing dengan rekan-rekan blogger, pengalaman teman-teman blogger dan pengalaman penulis sendiri.

Dalam banyak penjelasan dan uraian mungkin masih kaku, makin lama saya coba untuk lebih mudah dan sederhana. Selamat menikmati sharing ini.

Blog adalah suatu tulisan berkesinambungan secara dinamis dalam satu template/blanko/tema tertentu. Jadi Blog semacam ada 'pigura' yang isinya ditulis secara berkala, bisa harian atau mingguan terserah penulisnya. Awalnya blog ditulis untuk personal atau semacam diary, berhubung cukup bermanfaat blog juga dikembangkan untuk produk tertentu atau bahkan suatu perusahaan juga mulai membuat suatu blog.

Apa beda dengan website pada umumnya ? Website mempunyai design yang cukup lengkap mesti 'senada' yang isinya relatif statis. Misalnya website suatu perusahaan berisi tentang, alamat perusahaan, managemen, laporan keuangan, berita/press release, produk dan jasa yang disediakan perusahaan, serta hal-hal lain yang dapat memberikan suatu company image pad perusahaan tersebut. Website pun mulai dipunyai untuk personal atau produk tertentu, jadi satu orang atau satu perusahaan kadang mempunyai lebih dari satu website.

Jadi secara garis besar penulis menangkap blog merupakan data dinamis yang sering diperbaharui/diupdate/diposting sedangkan website relatif statis yang memberikan gambaran menyeluruh.

Mengapa perlu buat Blog ?

Beberapa pertimbangan blog dibuat diantaranya alasan berikut :

1. Tempat Curhat atau Bagi-bagi Info
Blog adalah media publik, dengan demikian ada saja pribadi yang ingin membagikan curahan hatinya yang ingin diketahui publik. Blog merupakan wadah pas untuk hal ini, curhat bisa berisi puisi, diary harian, updating kegiatan dan agenda, media opini/buah pikiran untuk dibagikan pada teman-teman pembaca.

Tiap orang, biasanya mempunyai hobby atau keahlian tertentu. Misalnya orang yang cukup hobby naik sepeda akan membuat blog tentang sepeda, dengan demikaian diantara komunitasnya dan teman-teman yang belum atau akan dikenala yang punya hobby bersepeda akan bisa saling mengenal. Bukankah wadah bagus untuk membina networking/jaringan pertemanan ?

2. Pengenalan suatu komunitas, lembaga atau produk tertentu
Blog sebagai informasi yang dinamis merupakan pilihan yang tepat untuk mengenalkan suatu kelompok atau produk pada publik. Komunitas Bersepeda Hari Minggu akan makin banyak keanggotaannya jika mengenalkan komunitasnya dengan membuat suatu blog. Lembaga yang membantu siswa SD untuk mencintai matematika sejak awal akan makin dikenal jika blognya dapat dibaca dan misi lembaga tersebut dijelaskan lebih 'gaul' kepada publik. Demikian juga produk buku cerita anak-anak, jika buat blog dengan nuansa anak-anak tentu akan diminati banyak pihak.

3. Kumpulan Press Release perusahaan untuk membentuk suatu Company Image secara dinamis
Suatu nilai dan rasa memiliki terhadap suatu perusahaan akan makin tinggi apabila dengan komunikatif perusahaan selain memiliki website juga membuat blog yang memberikan informasi secara komunikatif yang menunjukkan bahwa perusahaan tersebut profesional, humanis, komunikatif dan mempunyai kepedulian terhadap lingkungan dan customer.

4. Membahas suatu tema tertentu
Soal kuliner sudah menjadi salah satu bentuk Life Style, atau gaya hidup masyrakat saat ini. Sehubungan dalam sehari makan 3 kali, informasi tentang kuliner yang baik, murah dan sehat dalam bentuk blog akan menjadi daya tarik sediri. Banyak tema yang dapat diangkat untuk menjadi acuan pembaca jika blog tersedia misalnya tentang penyakit kanker, tentang binatang peliharaan, tentang hidup nyaman di usia senja, hidup di perkotaan, hidup di daerah apartemen dan lain sebagainya.

5. Wadah kreatif dan inovatif untuk banyak hal yang saling disinergikan
Indonesia merdeka sehubungan gerakan dari pemuda. Blogging oleh para blogger mulai rame diminati baik sebagai hobby, curhat atau bahkan mencari pendapatan dimulai dari kalangan muda. Sampai 2009 ini telah dilakukan 3 kali pertemuan para blogger se-indonesia bahkan 1200 lebih blogger punay kreatif dan inovatif yang cukup dibanggakan dan selali digali, dengan saling berkomunikasi dalam kebersamaan untuk meningkatkan komunitas blogger di Indonesia. Blogger banyak yg kreatif dan inovatif, bahkan ada yang mulai lebih mempercayai tulisan di blog daripada media lain.

Blog merupakan wadah yg baik untuk banyak hal, jadi Anda sudah siap untuk membuat blog khan ?

Tidak ada komentar: