Sabtu, 31 Oktober 2009

Mengapa Harus Bisnis di Internet dan Investasi ?

URAIAN SECARA GAMBLANG SEJAK AWAL HARUS DIPIKIRKAN BAGAIMANA CARA MENGHASILKAN PENDAPATAN SECARA CERDIK

IGNAZ PRABU'S ONLINE INTERNET MARKETING

Kunjungi
http://tinyurl.com/yjmwugc

  • Mengapa pendapatan selalu cenderung lebih sedikit dari pengeluaran ?
  • Apa mungkin mengurangi pengeluaran ?
  • Berapa jenis pendapatan yang umum pada saat ini ?
  • Mengapa Bisnis via Internet ?
  • Mengapa perlu Investasi ?
  • Keajaiban Dunia ke-8
  • Apa itu Leverage?
Uraian ini sangat ringkas tetapi sangat berarti. Ada beberapa poin yang akan dijawab dalam buku ringkas ini, yaitu :
1. Mengapa pendapatan selalu cenderung lebih sedikit dari pengegluaran ?
2. Apa mungkin mengurangi pengeluaran ?
3. Berapa jenis pendapatan yang umum pada saat ini ?
4. Mengapa Bisnis di Internet ?
5. Mengapa perlu Investasi ?
6. Keajaiban Dunia ke-8
7. Apa itu Leverage?

1. Mengapa pendapatan selalu cenderung lebih sedikit dari pengeluaran ?

Pendapatan perkapita Indoensia lebih dari $ 2000 per tahun atau kalau dalam sebulan sekitar $166 per bulan atau sekitar Rp. 1.500.000 an per bulan.

Anggap saja pendapatan Anda Rp. 1 juta, dan Anda adalah seorang muda yang belum menikah, pengeluaran yang mungkin ada adalah sebagai berikut :
 Makan @Rp. 5.000 x 2 x 30 = Rp. 300.000
 Transportasi @ Rp. 5000 x 30 = Rp. 150.000
 Keperluan pribadi (sabun cuci dlsb) = Rp. 100.000
 Sosialisasi (dengan teman, pacaran dlsb) = Rp. 150.000
 Keperluan komunikasi (HP, telpon) = Rp. 100.000
Pengeluaran yang wajar = Rp. 800.000

Jadi diperkirakan ada Rp. 200.000 untuk bisa ditabung, tetapi jika pemuda tersebut tidak tinggal di rumah maka tabungan akan habis untuk sewa kamar/kost. Salah satu agar pendapatan cocok dengan pengeluaran langkah yang dilakukan :
 Makan jadi satu kali, atau memasak, atau kualitas makanan dikurangi atau sering berkunjung ke rumah orang bisa memberikan makan (hehehehe)
 Transportasi numpang ke orang lain, atau cari temapt kerja dengan rumah tinggal yang dekat jadi cukup jalan kaki saja.
 Keperluan pribadi, sosialiasi dan keperluaan komunikasi dikurangi atau disederhanakn.
Pengeluaran tersebut belum dihitung dengan jika ada sakit, rencana untuk menikah, renacana untuk membeli rumah, rencana membeli motor dan lain sebagainya. Jadi dengan demikian ternyata penghasilan tersebut cukup pas-pasan. Bagaimana kalau ditambah jika pemuda tersebut ada tanggungan keluarga, misalnya orang tua yang pension atau adik yang masih sekolah ?
Naik Gaji ? Kalaupun naik paling setahun 10% - 15%, kalaupun itu ada. Kalau misalnya 10% dalam 5 tahun gajinya menjadi Rp. 1.610.000. Tapi inflasi berkisar antara 6-10%. Kalau inflasi benar-benar 10% kehidupan pemuda tersebut tidak berubah. Kalu inflasi 12 % lah dilalah ….rugi dong….

Belum lagi pemuda tersebut harus memikirkan pengeluaran dim as yang akan datang seperti sakit, rencana untuk menikah, renacana untuk membeli rumah, rencana membeli motor dan lain sebagainya.

Satu-satunya cara yaitu meningkatkan pendapatan, dengan memiliki other income/pendapatan tambahan .

2. Apa mungkin mengurangi pengeluaran ?

Sudah dijelaskan di atas, bahwa mengurangi pengeluaran akan mengurangi kualias hidup, perlu ada ilmu khusus/strategi cerdik untuk hal ini tetapi dalam tema kali ini ini tidak relevan. Karena yang akan dibesarkan adalah penghasilan, sedangkan peneluarannya dianggap setidaknya tetap.

3. Berapa jenis pendapatan yang umum pada saat ini ?

Beberapa jenis yang ada saat ini yaitu :
 Gaji yang tiap tahun naik sekitar 10% seperti pemuda di atas.
 Usaha yang margin untuk usaha kecil hanya sekitar 20% dari omzet, sedangkan usaha dibayang-bayangi kegagalan, karena 95% usaha yang dibangun mengalami kegagalan dalam 5 tahun. Usaha umumnya perlu modal, sedikit sekali usaha dari bawah yang bisa berhasil jiak tidak memiliki modal, dengan demikian adanya bagaimana kalau seperti pemuda poin 1 yang tidak ada modal besar?
 Investasi yang umum dilakukan orang saat ini adalah dalam bentuk deposito, emas, dan tanah. Untuk yang terkahir ini lumayan. Memang kalau punya tanah lumayan kalau seperti pemuda poin 1 ????

Itu adalah gambaran sebagian besar lapisan amsyarakat kali ini, belum lagi kalau beban satu orang pekerja/pengusaha adalah lebihd ari satu. Jadi hidup memang makin sulit, yang punya modal makin berkembang sedangkan ayng tidak punya modal hidup seperti sekarang atau makin mundur kehidupannya.

Jadi sekali lagi perlu pendapatan tambahan dengan modal kecil dan waktu pengerjaan sebentar, jenis apakah ?

4. Mengapa Bisnis via Internet ?

Beberapa keuntungan dan kerugian bisnis di internet adalah sebagai berikut :

Kerugian
 Aksesbilitas internet belum merata, dan biaya masih relative mahal, tetapi dengan sistem warnet biaya makin terjangkau
 Orang yang menguasai computer atau cara berinternet masih kecil meskipun makin lama yang menguasai makin meningkat tetapi umumnya masih digunakan hanya untuk berkomunikasi belum untuk mencari pendapatan tambahan.
 Kecepatan internet masih kecil, dahulu hanya batas dial up 56 kbps, kini mulai broadband 400 kbps bahkan sebagian kecil sudah bisa 3,5 Mbps atau bisa 20 MBps dengan akselator. Tetapi secara umum kecepatan belum merata, meski untuk Jakarta lumayan..
 Sediktis ekali orang Indonesia yang bisa fasih berbahasa Inggris terutama menulis, berbicara, bahkan membaca pun.
 Pengetahuan tetang bagaimana mencari pendapatan via internet masih sedikit, diperkirakan orang Indonesia yang memperoleh pendapatan diatas Rp. 100juta per bulan dengan internet masih sedikit.

Keuntungan
 Potensi penduduk Indonesia 240 juta, seandainya 10% penduduk 10% nya membelanjakan 10% pengeluaran via internet untuk yang akan dating maka potensi perputaran uang adalah 10% x 10% x 10% x $ 1000 /12 x 240 juta = $ 20 juta atau 180 miliar. Kalau ada 100.000 internet marketer saja, maka potensi per ineternet marketer adalah Rp. 1.800.000, lumayan khan, belum lagi pendpatan dari luar negeri dari Negara China dan India yang di atas 1 miliar penduduk, belum lagi Eropa dan US, bisa dibayangkan
 Orang Indonesia yang menguasai Internet marketing masih sedikit sehingga potensinya minta ampun…
 Barang dan jasa yang dapat dipasarkan via internet cukup banyak dan pasarnya bukan hanya Indonesia tetapi global seluruh dunia.
 Tidak terjebak kemacetan, usaha lebih sedikit dibandingkan usaha yang normal meskipun dibutuhkan pengetahuan yang lebih karena mempunyai karakteristik yang berbeda.
 Keuntungan lainnya, seperti usaha di Indonesia yang pengeluarannya rupiah tetapi penghasilannya dalan USD
 Lain-lain

5. Mengapa perlu Investasi ?

 Inflasi saat ini sekitar 5 – 10% per tahun dan investasi di sector riil diperkirakan hanya memberikan keuntungan 30%, maka jika ada dana diperlukan media investasi yang aman tetapi cukup menguntungkan agar modal menjadi berkembang.

 Sehubungan ketidak pastian dalam berbagai banyak hal maka diperlukan dalam investasi adalah diversifikasi atau penyebaran investasi ke berbagai hal.

6. Keajaiban Dunia ke-8

Menurut Albert Einstein keajaiban dunia ke-8 adalah bunga majemuk, seperti ilustrasi di bawah dapat disimpulkan :
 Makin tinggi prosentase makin tinggi hasil inevstasi yang diperoleh
 Makin lama jangka waktu investasi besarnya hasil investasi makin besar
 Persentase dengan jangka waktu terpendek akan menghasilkan hasil investasi terbesar
Untuk investasi dengan demikian diperlukan untuk jangka waktu yang panajng, dengan prosentase hasil investasi yang ebsar per jangka waktu yang terpendek.

$1000 5%/th 10%/th 15%/th 20%/th 25%/th 30%/th
1 tahun 1.050 1.100 1.150 1.200 1.250 1.300
5 tahun 1.276 1.611 2.011 2.488 3.052 3.713
10 tahun 1.629 2.594 4.046 6.192 9.313 13.786
15 tahun 2.079 4.177 8.137 15.470 28.422 51.186

7. Apa itu Leverage?

Leverage adalah pengungkit, sebetulnya ilustrasi poin 6 adalah dicari pengungkit yang terbesar tentunya dengan risiko yang terkecil.

Silahkan Anda mulai dari mendalami cara bisnis di internet. Dengan demikian internet untuk bisnis merupakan langkah awal Anda untuk mengungkit pendapatan Anda, dari mulai Rp. 1 per detik pun kalau 1 hari khan sudah Rp. 86 ribu, 1 bulan Rp.2,5 juta. JAdi mulailah dari kecil Anda akan dapat mengakumulasi pendaptan lebih besar. Blog, twitter, bisnis afiliasi merupakan awal yang mudah untuk memulai. Dari nol pun Anda bisa berhasil. SIlahkan coba dari bisnis online lewat membuat blog.

Salam, seomga sukses.

Semoga Anda Sukses.

Ignaz Prabu
http://twitter.com/setfreedom

1 komentar:

vany mengatakan...

bukunya ttg ekonomi ya, mas...
kyknya blm tertarik nih buat baca.....hehehe