Sabtu, 12 September 2009

Belantara Jual Beri via Internet : Amazon.com


Jeff Bezos, sang pendiri amazon adalah salah satu pelopor jual beli barang via internet. Konsepnya sederhana namun dikerjakan dengan sangat serius dan profesional sehingga menjadi perusahaan yang besar, mendunia bahkan menjadi perusahaan publik di US (AMZN).

Entah apa yang ada dalam pikirannya pada saat memberikan nama Amazon, tetapi dari pikiran penulis sendiri hal tersebut dapat dianalogikan sebagai belantara jual beli via internet seperti belantara hutan amazon di amerika selatan yang luas.

Satu yang bisa dipelajari di sini bahwa ada 3 sisi dalam hal belantara ini yaitu :
  1. Sebagai yang mencari/membeli barang apapun jenisnya dari mulai eletronik, buku dlsb yang tidak dapat diperoleh di sekitar kita, dengan hanya mengetikkan keyword/kata yg tepat, maka dapat dilihat penawaran atas barang yang dicari tersebut. Bahkan kita dimungkinkan untuk menjadi sisi penjual dengan memberikan komisi yang kecil ke amazon.
  2. Sebagai orang yang ingin mendapatkan pendapatan Anda bisa menjadi associate atau affiliasi, sehingga dengan strategi pemasaran yg tepat dapat memperoleh komisi sekian persen jika ada pihak yang membeli sesuatu ke amazon melalui link Anda. Berikut beberapa link diantaranya : Buku Best Seller, Hari Potter, Buku Pengetahuan Anak , Buku Perminyakan, atau Semua Produk
  3. Lebih keren lagi jika kita men-set up seperti amazon untuk sekala mungkin dari daerah atau nasional, tetapi ini butuh pengetahuan, proses, dana dan keseriusan yang sangat tinggi untuk menggapainya.
Anda ingin berada dari sisi mana : pembeli/penjual produk, menjadi calo/assosiate/affiliate atau menjadi pen-set up, memilih atau tidak memilih ada di tangan Anda.

Salam

Jakarta, 22.53 WIB, 12 September 2009

Tidak ada komentar: